Rabu, 18 Agustus 2010

Sejarah Internet di Indonesia

*sejarah internet bermula awal tahun 90-an.
*jaringan internet pertmama bernama Paguyuban Network. R.M. Samik-Ibrahim,Suryono Adisoemarta, Muhammad Ikhsan, Robby Soebiakto, Putu, Firman Siregar, Adi Indrayanto, dan Onno W. Purbo merupakan nama perintis atau nama legendaris di awal pembangunan internet di Indonesia. ( tahun 1992-1994)

*Tulisan" awal mengenai internet di indonesia terinspirasi oleh kegiatan amatir radio pada tahun 1986, khususnya mdi Amatir Radio Club (ARC) ITB.
*bermodal pesawat radio pemancar Single Side Band(SSB) Amatir Radi KenWood TS430 milik Harya Sudirapratama (YC1HCE) dan komputer Apple 2 milik Onno W Purbo(YC1DAF), J. Tjandra Pramudito(YB3NR), dan Suryono Adisoemarta (N5SNN) berguru pada para senior amatiir radio seperti Robby Soebiakto(YB1BG), Alm. Ahmad Zaini (YB1HR), Yos(YB2SV) melalui Band Amatir Radio 40meter/7MHz.
Mereka mulai mendiskusikan teknik membangun jaringan komputer dengan radio menggunakan teknologi radio paket.

*Teknologi Radio paket(TCP)/IP untuk internet kemudian diadopsi oleh rekan" Robby Soebiakto di BPPT, LAPAN(Lembaga Pengembangan Antariksa Nasional), UI, dan ITB yang kemudian menjadi tumpuan Paguyuban Net antara tahun 1992-1994
*pPAguyuban Net yang mengaitkan BPPT(Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), UI, ITB menggunakan teknologi radio paket yang berkecepatan sangat rendah yaitu 1200 bps.
* Robby jg menjadi koordinator alamat IP pertama dari AMPR-net(Amatir Pacet Radio Network) yang di internet dikenal dengan domain AMPR.ORG dan IP 44.132

AMPR-net indonesia kemudian dikoordinir oleh Onno W.Purbo sejak tahun 2000. salah satu aktivitas AMPR-net adalah mengoordinasi aktivitas anggota ORARI (organisasi amatir radio indonesia)melalui mailing list ORARI, orari-news@yahoogroups.com.

sep 1996 adlh thNYA ITB krn kterkaitan ITB dg jaringan penelitian Asia Internet Interconnection Initives(ai3) shg memperolah banwidth 1.5mbps ke jepang yg terus dtmbh dg smbgn ke TelkomNET dan IIX SEBESAR 2Mbps.

pd tahun 1987-1988, ktk internet masih belum berkembang spt skrg ini, sekelompok kecil mahasiswa Indonesia di Berkeley, Amerika Serikat membentuk miling list Indonesia yg p1 dg alamt email in
indonesian@janus.berkeley.edu

*pada tahun 1993-1994 mahasiwa yang belajar di liuarnegeri ke indonesia, mailing list indonesia secara bertahap terbentuk di indonesia. beberapa mailing list yang masih bertahan di indonesia adalah itb@itb.ac.id dan dosen@itb.ac.id

*contoh forum komunitas maya Indonesia(gratis)
-yahoogroups.com yang dpt diakses di
-http://groups.yahoo.com
-google pd mesin http://groups.google.com
-di Indonesia jasa diskusi mailing list gratis dilakukan oleh mesin http://groups.ir.id


*sejarah ISP di Indonesia
th 1994 ISP p1 di bINdonesia @ IPTEKNET (HTTP://WWW.IPTEK.NET.ID/)
PT IndiInternet (http://www.indo.net.id/)/ indonet yang dipimpin oleh Sanjaya.
Indonjet merupakan ISP komersial pertama di indonesia yg pd awalnya memanfaatkan lisensi dr P.T. LintasArta. Sambungan awal keinternet adalah menggunakan metode dial up. indonet berlokasi di rawa mangunb di kompleks dosen ui iSP.
EadNet ( http://www.rad.net.id/)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar